Home > Rumah Sakit > Kemana saja Depdagri?

Kemana saja Depdagri?

rsudduren.jpg

Akhir-akhir ini saya menerima banyak tamu yang berasal dari Rumah Sakit Daerah. Mereka berniat konsultasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pelembagaan rumah sakit. Secara etika, saya menerima dan melayani dengan sebaik-baiknya apa yang mereka inginkan. Dah itu kan memang sudah menjadi kewajiban.

Sebetulnya ketika mereka bertanya kepada Departemen Kesehatan berkaitan dengan pelembagaan rumah sakit daerah merupakan tindakan yang tidak tepat. Sejak semangat otonomi daerah dijalankan, maka kewenangan pengaturan pelembagaan rumah sakit daerah menjadi kewenangan Departemen Dalam Negeri. Lalu mengapa RS Daerah masih bertanya juga ke DEPKES?

Banyak kemungkinannya. Tetapi yang saya tangkap, ternyata Depdagri selama ini kurang memperhatikan tentang hal-hal tersebut, sehingga mereka ibarat anak kehilangan induk. Depkes hanya mempunyai kewenangan pembinaan dalam hal pelayanan kesehatannya saja. Sementara administrasi dan manajerial dibawah pembinaan Depdagri.

Anehnya lagi, banyak RS Daerah tidak mengetahui kalau sudah keluar peraturan baru yang berkaitan juga secara langsung maupun tidak langsung dengan RS Daerah, yaitu PP 38/2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan dan PP 41/2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah. Waduh, kemana saja kau, Depdagri?

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: