Home > Hikmah > Lelaki Mulia

Lelaki Mulia

Lelaki ini dilahirkan dalam keadaan yatim. Ayahnya meninggal sebelum dia lahir kedunia ini dan tak lama sesudah kelahirannya, ibunya pun meninggal dunia. Kemudian dia diasuh oleh kakeknya dan setelah meninggal ganti pamannya yang mengasuhnya hingga dewasa. Sejak berumur 12 tahun sudah berdagang antar negara dan ketika berumur 25 tahun dia menikahi janda yang sebenarnya adalah majikannya sendiri.

Lelaki ini bahkan sering dicemooh, diancam, dicaci maki dan berbagai macam percobaan pembunuhan sering kali menimpa kepadanya ketika Dia menyerukan ke jalan kebenaran tatkala saudara dan sukunya tenggelam dalam kesesatan. Ditengah-tengah tekanan yang luar biasa karena di embargo oleh sukunya, paman yang menjaganya sejak kecil dan tak lama kemudian istri tercintanya, meninggalkan dia untuk selama-lamanya.

Untuk menghindari tekanan yang luar biasa dan menyelamatkan kawan-kawanya, Dia pindah ke kota lain yang memang menjanjikan kedamaian. Tetapi inipun tidak sedamai yang diperkirakan. Dia dilempari batu, dicaci maki dan lagi-lagi percobaan pembunuhan selalu menghantui perjalanannya.

Dia adalah pemimpin yang miskin papa. bahkan dia tidur dipelepah kurma yang menyisakan bekas di pelipis pipinya ketika bangun tidur. Dia hanya dikarunia seorang putri yang selama hayatnya juga menderita bersama ayahnya. Bahkan di akhir-akhir hayatnya pun dia diracuni oleh wanita yahudi lewat makanan kesukaannya. Dua cucu kesayangannya pun meninggal dunia dengan cara menggenaskan dengan cara diracun dan satunya lagi dipenggal kepalanya.

Di detik-detik nafas terakhirnya, dia masih sempat berpesan, ” Jagalah sholat, hargai wanita, umatku, umatku”. Lelaki itu, Muhammad SAW. Dialah lelaki agung yang penderitaannya melebih manusia lainnya. Bahkan ketika ditawari oleh Allah SWT untuk menjadi Nabi Raja, beliau hanya memilih Nabi Umat.

Renungkanlah jika berkenan, apakah kita lebih menderita dari lelaki yang masih sempat memikirkan umatnya ketika maut menjemput?? Wallohu’alam.

Categories: Hikmah Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: