Home > Rumah Sakit > Kinerja Rumah Sakit

Kinerja Rumah Sakit

kinerja_pdk.gif

Banyak karyawan sebuah perusahaan tidak mengerti apa yang akan dicapai perusahaannya. Perencanaan strategis dan tahunan disusun di tingkat top manajemen tetapi tidak disosialisasikan di tingkat karyawan. Akibatnya, tidak ada keseimbangan antara perencanaan dan pelaksanaan. Semua berjalan apa adanya. Rutinitas.

Itulah yang saya rasakan, ketika diminta menjadi narasumber sosialisasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP) di salah satu Rumah Sakit Pemerintah di Jakarta Barat. Tujuannya rumah sakit ingin menjadi World Class Hospital (RS Kelas Dunia) rasanya akan jauh dari kenyataan. Karena ada jurang pemahaman antara Direksi dengan karyawaannya.

Permintaan panitia terhadap narasumber agar menyampaikan cara pengisian formulir LAKIP tidak sesuai dengan kenyataan bahwa banyak karyawan yang tidak memahami renstra, indikator kinerja dan pengukuran kinerja. Dibutuhkan pemahaman bersama tentang visi dan misi rumah sakit. Semoga berhasil deh!.

About these ads
  1. March 17, 2009 at 11:02 am

    Betul pak. Bahkan Direktur RS kadang memiliki visi dan misi yang melangit, tidak sesuai dengan realitas. Biasanya komunikasi antara satu bidang dengan bidang lain masih terhambat. Contohnya, jika perencanaan membutuhkan usulan suatu kegiatan, pihak yang dimintai membutuhkan waktu yang lama. Sehingga ketika usulan tersebut disetor ke pihak yang berwenang, perencanaan terpaksa harus men’dengkul’nya. Akibatnya, antara perencanaan dengan pelaksanaan tidak sinkron.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: